header-int

Prosedur dan Program Kerja Biro SIM

Posted by : Administrator
Share

 

Prosedur dan Program Kerja

Introductioniri 2016
  1. Latar Belakang

Salah satu sasaran jangka pendek RENSTRA UNISKA tahun 2016 - 2020 adalah semakin mantapnya kesehatan organisasi dan pelayanan universitas.  Sasaran ini diarahkan pada peningkatan mutu manajemen universitas yang mencakup seluruh aspek manajemen, yaitu bidang akademik, sumber daya (manusia, keuangan, sarana dan prasarana, dan informasi) dan mutu, pada setiap jenjang agar universitas mampu menyelenggarakan seluruh kegiatannya secara mandiri dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk mencapai sasaran tersebut, diperlukan suatu prosedur operasional yang jelas dan standar bagi semua pihak yang terlibat dalam pencapaian sasaran renstra tersebut. Praktik-praktik baik yang telah berlangsung di Universitas Islam Kadiri perlu distandarisasi dan didokumentasikan agar menjadi acuan bagi manajemen dalam menjalankankan tugas dan fungsinya serta menjamin keberlangsungan implementasi praktik-praktik baik tersebut, meskipun terjadi  transisi kepemimpinan manajerial.

Dalam hal ini Biro SIM akan mencoba membangun standarisasi sistem layanan berbasis elektronik yang dapat meningkatkan  efisiensi dan efektifitas kinerja layanan serta mampu memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak untuk kepentingan proses pengambilan keputusan. Untuk menuju kepada standarisasi layanan berbasis elektronik perlu diciptakan terlebih dahulu sistem manual terstandar atau semacam Standard Operating Prosedur (SOP) untuk seluruh layanan yang ada sehingga dapat dipahami oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya.

  1. Deskripsi dan Ruang Lingkup

Layanan yang diberikan di Biro SIM kepada mahasiswa mulai dari registrasi penggunaan layanan internet sampai akhir yaitu wisuda menyangkit sistem data elektronik. SOP yang dihasilkan adalah SOP Penerimaan Mahasiswa Baru, SOP Registrasi dan Bimbingan Rencana Studi, SOP Layanan Perkuliahan, Ujian Akhir Semester, Evaluasi Sisip Program, SOP Layanan Ujian Tugas Akhir, Yudisium dan Wisuda, SOP Pengarsipan dan Layanan Administrasi Akademik, SOP Layanan Beasiswa, SOP Dana Kesehatan dan Sosial, dan SOP Administrasi dan Kegiatan Kemahasiswaan.  Kedua, layanan yang diberikan selain kepada mahasiswa misalnya alumni, Kopertis,  instansi lain di luar USD atau unit  lain di USD. SOP kelompok kedua ini meliputi SOP Laporan EPSBED, SOP layanan Akreditasi, SOP Layanan Eksternal, SOP layanan Alumni dan SOP Layanan Publik.

  1. Profil Biro SIM

Biro Sistem Infromasi Manajemen atau disingkat SIM merupakan unit kerja pendukung yang bertugas untuk merencanakan, mengembangkan, dan memelihara sarana TIK untuk memberikan layanan TIK kepada civitas akademika UNISKA. Biro SIM telah mengembangkan sistem informasi manajemen dalam mendukung proses pembelajaran, administrasi akademik, keuangan dan kepegawaian, serta layanan TIK lainnya. Selain itu juga mengelola pusat data dan infrastruktur jaringan komunikasi data serta internet. Dengan dukungan TIK yang memadai diharapkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan administrasi dapat berjalan dengan baik.

  1. Layanan Utama
  • Layanan Hosting & Domain
  • Pengembangan Perangkat Lunak
  • Pengembangan Sistem Informasi
  • Layanan Terkait Jaringan dan Paket Data*
  • Perawatan dan Penambahan Perangkat Keras Komputer dan Jaringan*
  1. Tugas Pokok Biro SIM
  • Mengelola infrastruktur jaringan komputer dan pusat data (server, jaringan backbone, internet dan wifi hotspot)*
  • Mengembangkan sistem informasi sesuai kebutuhan UNISKA (unit kerja pengampu proses bisnis) dan trend teknologi
  • Memberikan layanan dukungan operasional sistem informasi dan konsultasi kepada unit kerja pemiliki bisnis proses
  • Memberikan layanan dan pelatihan sistem dan teknologi informasi kepada pengguna akhir (civitas akademika).
  • Mengolah data/ informasi untuk pimpinan UNISKA dalam mendukung pengambilan keputusan (strategis).
  • Melaksanakan perbaikan pemeliharaan dan pengembangan infrasturktur TI.
  1. Tugas Teknis Harian
  • Pelayanan User Wifi
  • Pelayanan Seluruh Aplikasi Besar Siakad (Mastering seluruh data Mahasiswa dan Dosen)
  • Pelayanan Seputar Pddikti (Senin, Selasa)
  • Pelayanan Seputar SilaDikti dan Presensi Kopertis 7 (Kamis, Jumat)
  • Monitoring Feeder (Senin)
  • Pelayanan jaringan (Khusus Jaringan Besar)*
  • Perawatan Jaringan data*
  • Mastering Komputer (Perbaikan Software dan Hardware)*
  • Perawatan dan perbaikan perangkat  peripheral  ( hardware dan software )
  • Perawatan dan perbaikan  perangkat pembelajaran ( LCD proyektor)
  • Perawatan dan back up server*
  • Pemeliharan dan meningkatkan kapasitas jaringan TI/ internet  sehingga selalu dalam keadaan running dan bebas gangguan.
  • Memberikan layanan dukungan teknis  kepada tiap lembaga.
  • Memberikan pelayanan yang dapat memuaskan stakeholder

Universitas Islam Kadiri Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendikia Muslim Pancasila (YBCMP). Universitas Islam Kadiri didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendikia Muslim Pancasila. Berdirinya Universitas Islam Kadiri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.
© 2018 Universitas Islam Kadiri Follow Universitas Islam Kadiri : Facebook Twitter Linked Youtube